• Hubungi Kami
  • Daftar
  • Lupa Kata Sandi
Ingin liburan?
Ayo jelajahi kekayaan pariwisata Indonesia, mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung

Propinsi

Teguh Tofik Hidayat

Explorer
Beri nilai:

Gunung Pulosari yang terletak di kabupaten Pandeglang dengan mempunyai ketinggian 1346 Mdpl bisa menjadi salah satu alternatif liburan singkat bagi para penggemar outdoor activity karena jaraknya yg hanya terbilang cukup dekat dari jabotabek yg bisa ditempuh hanya dengan +/ 3 jam saja dari jakarta.

dari arah serang kita bisa menuju labuan dengan turun di pertigaan mengger & melanjutkan perjalanan ke desa cilentung sebuah desa terakhir di kaki gunung pulosari.

dari desa cilentung kita bisa melapor ke pos penjagaan dengan mengutarakan niat untuk mendaki sampai puncak gunung pulosari atau hanya untuk sekedar bermain air di air terjun curug putri.

pada kesempatan x ini saya berniat untuk mendaki sampai puncak & bermalam di puncak gunung pulosari dengan harapan bisa menikmati sunset diujung laut jawa dari puncak gunung pulosari.

awal pendakian medannya masih landai agak menanjak dengan kondisi jalan sudah lebar serta disusun batu-batu untuk memudahkan para wisatawan sampai curug putri. jarak tempuh pos pendaftaran sampai curug putri sekitar +/- 1 jam 30 menit dengan tempo sangat santai. sampai curug putri kita bisa menikmati sejuknya air terjun & bermain air tapi ingat jangan mandi menggunakan sabun atau shampo karena bisa merusak ekosistem air.

setelah puas bermain air di curug putri serta membawa perbekalan air perjalanan dilanjutkan menuju kawah dengan medan lebih terjal tapi jalan masih lebar & jelas dengan kanan jalan sebagian besar adalah ladang penduduk. +/- 2 jam perjalanan sampailah kami di kawah.

puas beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan menuju puncak pulosari yg sebenarnya sudah didepan mata tapi apabila kita mengambil jalan vertikal lurus kedepan pasti akan sangat menguras tenaga & membahayakan dikarenakan sudut kemiringan bisa mencapat 75 derajat. setelah sedikit diskusi maka kami pun mencoba mencari jalan lain, karena kami tidak ada seorangpun yg pernah ketempat ini kami sedikit kebingungan untuk mencari jalan, beruntung signal hp masih ada & sempat mencoba menghubungi beberapa teman yang sudah pernah ke pulosari tapi sayang tidak ada satupun yang angkat telepon & balas sms. sedikit putus asa karena tidak tahu jalan menuju puncak akhirnya kami mencoba menyisir sekitar kawah mencari jalan & beruntung kami menemukan jalan itu. memang jalannya sedikit tertutup semak belukar karena jarangnya orang yg menjamah gunung ini.

perjalanan menuju puncak diawal sangat berat karena kita langsung disuguhi tanjakan-tanjakan maut yg mengharuskan kita ekstra hati-hati apabila tidak mau meluncur turun kembali. setelah melewati tanjakan maut tersebut medan sedikit bersahabat cuma sempit dengan kiri jalan semak belukar & kanan jalan jurang. +/- 1 jam 30 menit kami sampai di puncak pulosari & alhamdulillah kami masih bisa menikmati sunset di ujung laut jawa paling barat.

menjelang malam tidak ada kegiatan berarti kecuali istirahat memulihkan tenaga untuk turun esok hari & bekal tenaga utnuk sampai rumah kembali. pagi menjelang kami pun diberi keindahan untuk menikmati sunrise di puncak pulosari. setelah puas menikmati keindahan alam gunung pulosari kami pun beres-beres & bergegas pulang agar tidak kesorean dijalan.